midnight sun: fajar

selama lebih dari tiga bulan, yaitu dari tanggal 19 april hingga 23 agustus, matahari akan tetap bersinar di malam hari bahkan bersinar hingga 24 jam penuh. fenomena ini disebut sebagai midnight sun, atau dalam bahasa indonesianya (mungkin) matahari tengah malam. karena selama itu matahari hampir tidak pernah meninggalkan kaki langit.

peristiwa ini menyebabkan langit tidak pernah mengalami kegelapan seperti yang biasa terjadi kala matahari tenggelam. langit seperti mengalami senja yang panjang, dengan semburat warna merah atau jingga.

midnight sun hanya dapat dinikmati oleh orang-orang yang berada di dekat kutub utara ataupun selatan. hal tersebut dimungkinkan karena axis bumi yang mengitari matahari tidak tegak lurus melainkan miring 23 derajat 27 menit, sehingga saya sendiri tidak tahu bagaimana menjelaskannya. wkwkwkwkw…

tapi intinya begini, karena kemiringan tersebut, maka pada saat bumi mengelilingi matahari, sebagian daerah bumi (dengan acuan sumbu rotasi bumi) akan memperoleh sinar matahari lebih banyak dari daerah lainnya.

contohnya pada waktu musim panas, matahari akan lebih sering menyinari di belahan bumi utara. Akibatnya, walaupun bumi berotasi pd sumbunya, daerah ini akan tetap terkena sinar matahari lebih dari 12 jam. dan semakin mendekati kutub, maka matahari akan terlihat bersinar lebih lama.

daerah yang paling lama mengalami midnight sun adalah svalbard di norwegia. di daerah tersebut midnight sun terjadi antara tanggal 19 april hingga 23 agustus atau tepatnya 73 hari, atau itu berapa bulan yak? hehe.. sementara di daerah lain, yaitu di cincin artic atau juga di the land of wintersun ..eh the land of midnight sun, masa ini terjadi pada tanggal 12 juni hingga 1 juli. namun di north cape, norwegia (ujung utara benua eropa) bisa lebih lama yaitu dari tanggal 14 mei hingga 29 juli.

ah sekarang saya jadi pengin dengerin midnight sun lagi…

lirik

gambar di atas sono itu diambil dari sini

5 Responses to “midnight sun: fajar”

  1. blog mu sisi kirinya kepotong, ada beberapa huruf yang tak terlihat. jadi pengen ke eropah

  2. woo ora jeh, jebule lodinge suwe, iki wis mbukak kabeh, ke woco kabeh

  3. wah, ini ya ceritanya mengapa tersesat ke rindupulang.. 🙂 sayang selama di trondheim, norway, sejak februari lalu saya tidak ke mana-mana, karena harus berkejaran dengan tenggat. kota tempat saya tinggal, Trondheim, hampir mendekati lingkar kutub utara. Koordinatnya: 63°25′47″N 10°23′36″E

    • topantopian Says:

      haha..iya kang. masih di norway? kapan2 saya nanya2 lagi. maklum midnight sun: siang dan malam belum saya tulis..hehe…tarian aurora itu saya buat referensi ya kang. makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: